Perpustakaan STAI As-Sunnah Sebagai Pusat Literatur Arab Terlengkap di Sumatera Utara

Ar-Risalah FM, Medan : Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam As-Sunnah Deli Serdang dinobatkan sebagai pusat literatur Arab terlengkap di Propinsi Sumatera Utara. Minggu.(20/8).

Ustadz Bahrul Ulum, M.Pd. selaku Kepala Perpustakaan STAI As-Sunnah Deli Serdang mengungkapkan, “ Perpustakaan STAI As-Sunnah merupakan perpustakaan yang komprehensif dan terlengkap dari berbagai koleksi buku yang berkaitan dengan khazanah ilmu syar’I dengan buku-buku dalam bahasa Arab dan bahasa Indonesia dengan persentase 10 % buku berbahasa Indonesia dan 90 % buku berbahasa Arab.”

Adapun pengembangan yang dilakukan pihak staf perpustakaan STAI As-Sunnah, diantaranya adalah pengadaan buku-buku baru tiap tahunnya, buku-buku berbahasa arab dengan menghubungi dan mengajukan kepada Pembina STAI As-Sunnah Syeikh Kholid Bin Abdullah al-Matrudiy di Saudi Arabia yang kemudian akan dikirimkan ke Indonesia melalui jalur laut pada setiap bulan sya’ban, adapun buku-buku berbahasa Indonesia diadakan oleh pihak staf perpustakaan STAI As-Sunnah itu sendiri.

Sehubungan pengembangan perpustakaan STAI As-Sunnah yang dilakukan setiap tahunnya, maka perpustakaan tersebut dinobatkan sebagai perpustakaan terlengkap dalam literatur ilmu syariah berbahasa arab. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kunjungan dan pembaca dari luar yang merasa terbantu dalam mengerjakan penelitian maupun tugas kuliah ditingkat S1, S2 dan S3 dari seluruh perguruan tinggi Islam di Sumatera Utara.

Selain menjadi perpustakaan terlengkap dengan koleksi buku dan literatur bahasa arab, perpustakaan STAI As-Sunnah juga memiliki fasilitas yang memadai diantaranya wifi, komputer, kaset audio, waktu kunjungan 10 jam/hari dan fasilitas lainnya yang menunjang para pembaca (pengunjung) demi mewujudkan kenyamanan. Meskipun demikian, pihak staf perpustakaan STAI As-Sunnah juga akan mengembangkan tempat dan lokasi perpusatakaan dengan luas yang berstandar Internasional pada tahun 2020.

Pihak staf perpustakaan STAI As-Sunnah berharap, dengan adanya kelengkapan buku-buku dan literatur bahasa arab ini, para mahasiswa lebih semangat dalam menuntut ilmu dengan memperbanyak membaca buku-buku asli yang ditulis para ulama ahlussunnah wal jama’ah. Serta berharap perpustakaan STAI As-Sunnah ini juga dapat bermanfaat bagi masyarakat umum untuk lebih memperdalam khazanah ilmu syariah sesuai dengan al-Qur’an dan as-Sunnah.

2 tanggapan untuk “Perpustakaan STAI As-Sunnah Sebagai Pusat Literatur Arab Terlengkap di Sumatera Utara

  • 2 September 2017 pada 3:28 pm
    Permalink

    بارك الله فيكم

    Balas
    • 5 September 2017 pada 11:09 am
      Permalink

      وفيكم بارك الله

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *