Musabaqoh Hafalan Hadist di STAI As-Sunnah Deli Serdang

Ar-Risalah FM, Medan : Musabaqoh hafalan hadist Nabi Muhammad yang diikuti mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam As-Sunnah Tanjung Morawa Deli Serdang, membuat para mahasiswa terpacu dalam menghafal hadist dan mempelajari ilmu hadist. Sabtu,(26/8).

Musabaqoh yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Minat dan Bakat mahasiswa serta bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa STAI As-Sunnah Deli Serdang diikuti oleh 65 peserta, diantaranya 42 peserta dalam musabaqoh hafalan hadist Arbain an-Nawawiyah dan 23 peserta dalam musabaqoh hafalan hadist Umdatul Ahkam di Bab Ja’mi’ hingga Bab I’tikaf. Adapun yang bertindak sebagai penguji atau dewan hakim dalam musabaqoh tersebut diantaranya al-Ustadz Abu Sahl, S.Pd.I., al-Ustadz Rahmat Dinillah, Lc. selaku ketua PMBT STAI As-Sunnah dan Syeikh Ali Bin Sholeh al-Makkiy yang merupakan alumni dari salah satu Ma’had di Mekah al-Mukaromah Kerajaan Saudi Arabia.

Musabaqoh hafalan hadist ini juga merupakan program kegiatan tahunan dari Lembaga Pengembangan Minat dan Bakat (PMBT) mahasiswa STAI As-Sunnah Deli Serdang, Hal ini bertujuan agar mahasiswa terpacu dalam menghafal hadist dan mempelajari ilmu hadist yang merupakan sumber atau pedoman kedua setelah al-Qur’an bagi seorang muslim. Meskipun demikian, alasan utama diselenggarakan Musabaqoh tersebut adalah sebagai barometer dalam mengukur kemampuan hafalan hadist yang dimiliki oleh seluruh mahasiswa STAI As-Sunnah Deli Serdang demi terwujudnya lulusan-lulusan yang berkompetensi dalam dakwah Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *