AKSI SOLIDARITAS ROHINGYA DELI SERDANG

Ar-Risalah FM, Medan : Sekumpulan massa yang tergabung dalam Aliansi Ormas Islam Deli Serdang melakukan aksi unjuk rasa dengan tema “Aksi Solidaritas Kemanusiaan Rohingya Deli Serdang” di depan kantor DPRD Deli Serdang. Jum’at, (8/9).

H.Muchlis Muchtar, selaku koordinator lapangan aksi mengatakan, “Aksi solidaritas rohingya ini dilatar belakangi atas dasar kemanusiaan, dan saya yakin semua pihak mengetahui krisis kemanusiaan yang terjadi di Myanmar. Maka, kami yang tergabung dalam aliansi ormas Islam Deli Serdang terpanggil untuk membantu menggalangkan dana serta menuntut pemerintah agar lebih memperhatikan kaum rohingya yang tertindas di Myanmar”.

Aksi dimulai Long march dari masjid at-Taqwa Sei Blumai Tanjung Morawa menuju kantor DPRD Deli Serdang di Lubuk Pakam. Kemudian dilanjutkan dengan aksi penggalangan dana di simpang kayu besar Tanjung Morawa.

Aliansi Ormas Islam dan Masyarakat Deli Serdang merupakan gabungan ormas-orma Islam di Deli Serdang, Seperti BKRM Deli Serdang, BKPRM Deli Serdang, Muhammadiyah, Nahdhotul Ulama, DMI (Dewan Masjid Indonesia), al-Wasliyah, Salimah, dan lain sebagainya. Mereka tiba di kantor DPRD Deli Serdang sekitar pukul 15:00 WIB dan langsung melakukan orasi yang disampaikan oleh perwakilan dari setiap Ormas Islam.

Adapun inti pernyataan sikap ormas Islam dan masyarakat Deli Serdang, pertama, mendesak ASEAN untuk menekan Myanmar agar menghentikan genosida rohingya dan membekukan dari ASEAN jika Myanmar terus berulah. kedua, meminta pemerintah Republik Indonesia memutuskan hubungan diplomatic dengan Myanmar. Ketiga, mendesak mahkamah kejahatan internasional atau International Crimanal Cart (ICC) untuk mengadili Myanmar. Keempat, mendesak para aktifis HAM dan kemanusiaan di seluruh dunia untuk memberikan perhatian pada Rohingya agar genosida dapat diakhiri. Dan yang terakhir, meminta pemerintah Republik Indonesia untuk menampung muhajirin rohingya yang terusir dari negerinya.

Menjelang waktu solat ashar, ketua DPRD Deli Serdang Ricky Prandana Nasution, SE., menyambut baik aksi solidaritas rohingya dan langsung menemui kumpulan massa serta menyatakan bahwa akan menyampaikan aspirasi dari aliansi ormas Islam dan masyarakat Deli Serdang ke DPR RI dan Presiden Joko Widodo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *