Seminar Ilmiah Dosen dan Staf Pegawai STAI As-Sunnah

Arrisalah FM, Medan : Yayasan Ar-Risalah Al-Khairiyah adakan seminar ilmiah bagi dosen dan staf pegawai Sekolah Tinggi Agama Islam As-Sunnah Tanjung Morawa Deli Serdang. Selasa, (21/11).

Seminar ilmiah bersama dosen dan staf pegawai STAI As-Sunnah tersebut, membahas tentang pengajaran bahasa arab yang tepat dan baik bagi non arab. Asy-Syeikh Dr. Abdul Ahad bin Abdul Quddus saat seminar mengungkapkan, “ Bahasa arab itu sangat penting, bagaimana mungkin seseorang dapat mengerti agama tanpa bisa berbahasa arab, karena syariat ini datangnya dengan bahasa arab. Maka, seorang muslim wajib belajar bahasa arab dan memahaminya.” Kemudian Asy-Syeikh Dr. Abdul Ahad bin Abdul Quddus memberikan trik dan cara yang mendorong seseorang bisa berbahasa arab diantaranya, lingkungan yang mendukung interaksi bahasa arab dalam kehidupan sehari-hari, kesungguhan para guru bahasa arab dalam membimbing, metode pengajaran yang digunakan, dan lain sebagainya.

Adapun yang menjadi penghalang dalam pembelajaran bahasa arab, Asy-Syeikh Dr. Abdul Ahad bin Abdul Quddus juga mengungkapkan diantaranya, mengajarkan bahasa arab dengan mendahulukan kaidah bahasa daripada yang lain seperti percakapan, kosa kata, dan lain sebagainya, karena hal ini akan membuat seseorang yang belajar bahasa arab menganggap bahwa bahasa arab itu sulit dipelajari, kemudian penghalang utamanya dalam pembelajaran bahasa arab juga disebutkan oleh Asy-Syeikh Dr. Abdul Ahad bin Abdul Quddus yaitu tidak adanya pendidikan dini sejak kecil terhadap anak, padahal di masa tersebutlah menurut ilmuan seorang anak memiliki kemampuan daya tangkap yang tinggi terutama dalam pembelajaran bahasa.

Akhirnya para dosen dan staf pegawai STAI As-Sunnah saat seminar ilmiah pun sangat antusias mendengarkan dan ungkapan terima kasih yang tak terhingga kepada Asy-Syeikh Dr. Abdul Ahad bin Abdul Quddus yang telah memberikan materi pengajaran bahasa arab yang baik dan benar serta menambah wawasan dan khazanah keilmuan bagi para dosen dan staf pegawai STAI As-Sunnah Deli Serdang. Harapannya bagi para dosen dan staf pegawai mampu mengaplikasikan hal-hal yang mendorong seseorang bisa berbahasa arab di kehidupan sehari-hari serta dapat mengajarkannya kepada orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *