Ikatan Bekam Assunnah (IBAS) Gelar Bekam Jama’ah

Arrisalah FM, Medan : Unit Kegiatan Mahasiswa Thibbun Nabawi Sekolah Tinggi Agama Islam As Sunnah Tanjung Morawa Deli Serdang  yang tergabung dalam organisasi Ikatan Bekam As Sunnah (IBAS) gelar kegiatan sosial bekam bersama bagi mahasiswa, dosen dan pegawai STAI As Sunnah dan Yayasan Ar Risalah Al Khairiyah. Jumat,(6/4).

Bekam merupakan teknik terapi pengobatan dengan jalan membuang darah kotor ( sel darah yang telah rusak ) dari dalam tubuh melalui permukaan kulit dengan sayatan pisau atau jarum steril. Bekam juga biasa disebut dengan Al Hijamah, yang berasal dari istilah bahasa arab Hijamah yang berarti pelepasan darah kotor. Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut dengan cupping, dan dalam bahasa melayu dikenal dengan istilah bekam. Di Indonesia dikenal pula dengan istilah kop atau cantuk.

Sejarah bekam dimulai pada zaman Rasulullah, hal ini sebagaimana  hadist dari Ibnu Umar, r.a bahwa Rasulullah SAW, bersabda:

“Tidaklah aku melalui satu dari langit-langit yang ada melainkan Para Malaikat, mengatakan: “Hai Muhammad, perintahkan umatmu untuk berbekam. Karena sebaik-baik sarana yang kalian pergunakan untuk berobat adalah bekam, al-kist (cendana india) dan syuniz (jintan hitam)”.

Bekam dipercaya dan terbukti mempunyai manfaat dan dapat mengobati berbagai macam penyakit dengan metode pengobatan menggunakan sarana cawan, kop, tabung, atau bambu yang prosesnya diawali dengan melakukan pengekopan ( membuat tekanan negatif dalam cawan, kop, tabung, atau bambu) Dengan melakukan penghisapan atau vakumisasi, maka terbentuklah tekanan negatif didalam cawan/ kop, sehingga terjadi drainase cairan tubuh berlebih (darah kotor) yang diikuti toksin, menghilangkan perlengketan / adhesi jaringan ikat dan akan mengalirkan darah “bersih” ke permukaan kulit dan jaringan otot yang mengalami stagnasi serta merangsang sistem syaraf perifer, menimbulkan efek analgetik, anti bengkak, mengusir patogen angin dingin maupun angin lembab, mengeluarkan racun, serta oxidant dalam tubuh. Pada teknik bekam basah, setelah terjadi bendungan lokal, prosesnya dilanjutkan dengan penyayatan permukaan kulit memakai pisau bedah atau penusukan jarum bekam agar darah kotor bisa dikeluarkan.

Semua ini merupakan keahlian yang harus dipelajari. Salah satu keistimewaan STAI As Sunnah adalah adanya unit kegiatan mahasiswa Thibbun Nabawi yang bernama (IBAS) Ikatan Bekam As Sunnah. IBAS merupakan organisasi mahasiswa yang bergerak di bidang pelatihan bekam dan thibbun nabawi yang bertujuan untuk mencetak praktisi-praktisi dan ahli bekam thibbun nabawi. Maka, dalam kesempatan ini IBAS menggelar kegiatan sosial bekam bersama bagi mahasiswa, dosen dan pegawai STAI As Sunnah dan Yayasan Ar Risalah Al Khairiyah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *