STAI As Sunnah Deli Serdang Bentuk Lembaga Pusat Tahfizh Al Quran

Arrisalah FM, Medan : Sekolah Tinggi Agama Islam As Sunnah Tanjung Morawa Deli Serdang bentuk lembaga pusat tahfizh al Quran. Kamis,(19/4).

Al Quran merupakan pedoman hidup untuk mengatur semua yang berkaitan dengan perbuatan manusia di dunia. Dalam aspek hubungan diri sendiri, dengan Tuhannya dan dengan sesama manusia. Kini tuntunan agama Islam mulai dipinggirkan peranannya dari masyarakat, padahal kesejahteraan masyarakat tidak akan tercapai bila mereka tidak beriman dan bertakwa. Sebagaimana diketahui bersama, krisis akhlak sudah begitu melanda para remaja. Penyalahgunaan narkoba, kecanduan minuman keras, zina, begal motorpergaulan bebas dan banyak lagi, merupakan akibat dari runtuhnya pondasi iman di dalam jiwa mereka.

Maka dengan menjadikan al-Quran sebagai pedoman kehidupan akan menghasilkan kesejahteraan, akhlak mulia dan peradaban bagi manusia. Hal tersebut mengharuskan seseorang untuk mengambil dan melaksanakan ketentuan-ketentuan dan syariah Islam. Berbagai interaksi yang dilakukan manusia, baik interaksi manusia dengan Tuhannya, dengan dirinya sendiri, ataupun dengan sesamanya.

Selain itu, al Quran sekarang banyak diabaikan oleh kaum muslimin dari segi membaca dan menghafalnya, padahal dengan membaca dan menghafal al Quran, Allah akan memberikan berlipat-lipat kebaikan. Sehingga hal ini menjadi perhatian bagi STAI As Sunnah untuk mengembangkan cendekiawan muslim dalam al Quran. Maka dibentuklah Pusat Tahfizh al Quran.

Pusat Tahfizh al Quran merupakan lembaga yang bertanggung jawab atas pelaksanaan tahfizh al Quran di STAI As Sunnah yang meliputi pembinaan, pengawasan, dan pengembangannya. Selain itu, dengan dibentuknya pusat tahfizh al Quran di STAI As Sunnah, diharapkan dapat membangun masyarakat madani berbasis tahfidzul Qur’an untuk kemandirian ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan bertumpu pada sumberdaya lokal yang berorientasi pada pemuliaan al-Qur’an.

Adapun yang menjadi Kepala Pusat Tahfizh Al-Quran di STAI As Sunnah itu ialah al Ustadz Irham Dongoran, Lc., M.H.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *