Masjid Al Jihad Medan Sebagai Basis Buka Puasa Bersama Masyarakat Muslim

Arrisalah FM, Medan : Badan Kemakmuran Masjid Al Jihad Medan bekerja sama dengan Yayasan Ar Risalah Al Khairiyah Deli Serdang adakan kegiatan buka puasa bersama dengan 900 paket makanan/minuman untuk masyarakat muslim, dan menjadikan masjid Al Jihad sebagai pusat atau basis dalam penyediaan buka puasa bagi masyarakat. Selasa,(22/5)

Buka puasa adalah sebutan untuk membatalkan puasa pada waktu maghrib yang dilakukan dengan makan dan minum secara halal dan secukupnya dengan sunnah-sunnah yang telah ditentukan. Istilah buka puasa sudah tak asing lagi bagi orang yang mengerjakan ibadah puasa. Seolah ia menjadi trend dari ibadah yang setahun sekali dilaksanakan.

Selain itu, bagi orang yang memberi makanan atau minuman untuk berbuka puasa merupakan amalan yang memiliki pahala begitu besar, diantaranya sabda Nabi Muhammad Shallahu’alaihi wasallam, Yaitu “ Barang Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.

Al Munawi rahimahullah menjelaskan bahwa memberi makan buka puasa di sini boleh jadi dengan makan, atau dengan kurma. Jika tidak bisa dengan itu, maka bisa pula dengan seteguk air. Selain itu Ath Thobari rahimahullah menerangkan, “Barangsiapa yang menolong seorang mukmin dalam beramal kebaikan, maka orang yang menolong tersebut akan mendapatkan pahala semisal pelaku kebaikan tadi. Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi kabar bahwa orang yang mempersiapkan segala perlengkapan perang bagi orang yang ingin berperang, maka ia akan mendapatkan pahala berperang. Begitu pula orang yang memberi makan buka puasa atau memberi kekuatan melalui konsumsi makanan bagi orang yang berpuasa, maka ia pun akan mendapatkan pahala berpuasa.”

Sehingga pada kesempatan itu, Yayasan Ar Risalah Al Khairiyah bekerja sama dengan Badan Kemakmuran Masjid Al Jihad yang beralamatkan di Jalan Abdullah Lubis, Medan Baru, Kota Medan, untuk menyediakan buka puasa bagi masyarakat muslim kota Medan. Hal ini bertujuan untuk mempermudah kaum muslimin dalam berbuka puasa serta berbagi kebaikan dan kebersamaan antar ummat muslim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *