STAI As Sunnah Deli Serdang Gelar Sidang Munaqosyah

Arrisalah FM, Medan : Sekolah Tinggi Agama Islam As Sunnah Tanjung Morawa Deli Serdang gelar sidang munaqosyah bagi para mahasiswa dan mahasiswi program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) dan program studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Rabu,(25/7).

Sidang munaqosyah merupakan proses persidangan karya ilmiah hasil penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat penyelesaian kuliah dan meraih gelar sarjana. Sidang munaqasyah ini dilakukan oleh empat orang dosen penguji yang telah ditetapkan oleh Dekan atau Ketua Program Studi. Dua diantara empat dosen penguji ini merupakan dosen pembimbing satu dan pembimbing dua yang sebelumnya membantu mengarahkan mahasiswa dalam melakukan penelitian dan penulisan karya ilmiah sesuai dengan panduan yang berlaku di perguruan tinggi.

Mahasiswa yang duduk di meja persidangan Munaqasyah untuk mempertanggungjawabkan hasil penelitiannya di depan penguji, harus mempersiapkan diri dalam beberapa aspek yaitu, mental, pengetahuan, pemahaman tentang karya ilmiah yang diajukan dan kemampuan mempertahankan hasil penelitian yang telah dilakukan.

Setelah melewati berbagai interview dari tim penguji munaqasyah terkait karya ilmiahnya, pada tahapan akhir sekretaris sidang munaqasyah akan membacakan berita acara ketetapan lulus atau tidak terhadap ujian yang diikuti dalam sidang dimaksud.

Bagi mahasiswa yang mampu mempertanggungjawabkan hasil penelitiannya dan sesuai dengan tuntutan karya ilmiah, maka berhak lulus ujian dan meraih gelar sarjana. Sementara bagi mahasiswa yang gagal dan tidak memenuhi tuntutan karya ilmiah, maka harus memperbaiki dan melengkapi kekurangan karya ilmiahnya.

Maka, dalam kesempatan ini STAI As Sunnah menggelar sidang munaqosyah skripsi bagi para mahasiswa semester akhir, yang diikuti hampir mencapai ratusan mahasiswa. sidang munaqosyah pun berjalan lancar dan para mahasiswa yang diuji pun sangat bersyukur atas selesainya penelitian yang telah ditulisnya dalam beberapa bulan terakhir.

Semoga dengan sidang munaqosyah ini, menjadikan para mahasiswa untuk lebih termotivasi lagi dalam mengamalkan ilmu yang telah di pelajari di STAI As Sunnah dalam kurun empat tahun. Amin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *