STAI As Sunnah Deli Serdang Gelar Kajian “Syarah al-Qawaid al-Arba”

Arrisalah FM, Medan : Sekolah Tinggi Agama Islam As Sunnah Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang gelar kajian ilmiah dalam pembahasan kitab “al Qowaid al Arba” bersama al Ustadz Harist Abu Naufal di Masjid al Imam asy Syafi’i Kampus STAI As Sunnah. Senin, (3/9).

al Ustadz Harist Abu Naufal yang merupakan pemateri dalam kajian ilmiah tersebut merupakan alumni Darul Hadist Yaman, pendiri radio Syiar Tauhid Aceh dan pimpinan ma’had Assunnah Banda Aceh. Selain menjadi pemateri, tujuan kedatangan beliau juga merupakan kunjungan silaturahmi untuk mempererat ukhuwah Islamiyah antar sesama.

Dalam kajian islam ilmiah yang diikuti ratusan mahasiswa tersebut merupakan kali pertama yang diselenggarakan bersama al Ustadz Harist Abu Naufal dengan pembahasan kitab syarah al Qowa’id al Arba’ karya Syeikh Muhammad bin Abdul Wahab. Kitab tersebut merupakan salah satu kitab terbaik dalama memahami ilmu tauhid.

Al-Qowa’id adalah bentuk jamak dari kata Al-Qo’idah. Sedangkan makna Al-Qo’idah, sebagaimana dijelaskan oleh Syaikh Shaleh Al-Fauzan hafizhahullah, “Al-Qo’idah yaitu sebuah dasar yang bercabang darinya permasalahan atau cabang yang banyak“. Beliau juga menjelaskan bahwa tema kitab ini dengan pernyataannya, “Kandungan (kitab) al Qowaid al Arba’ yang disebutkan oleh Sang Syaikh (penulis) ini adalah mempelajari tentang tauhid dan syirik” 

Dengan demikian, sesungguhnya kitab al Qowaid al Arba’ ini berisikan dasar-dasar agama Islam berupa aqidah yang benar, yaitu menjelaskan bagaimana mengeesakan Allah Ta’la yang bersih dari kesyirikan. Dan, perlu diketahui bahwa penyebutan angka pada judul disini, bukanlah dimaksudkan untuk membatasi, namun agar lebih mudah diingat dan diperhatikan.

Maka tema pembahasan dalam kajian ilmiah itu adalah “Empat Kaidah dalam Memahami Tauhid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *