KPID Sumut Kembali Adakan KPID Award 2018

Arrisalah FM, Medan : Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Sumatera Utara dan Dinas Komunikasi dan Informatika Provsu  kembali melaksanaan KPID Award 2018 yang akan diberikan kepada lembaga penyiaran Se-Sumatera Utara . Kamis,(13/9).

Ketua Komisioner KPID Provsu Parulian Tampubolon SSn  mengatakan, penayangan konten muatan lokal pada media penyiaran di Provsu sangat rendah. “Baru saja KPI Pusat melaksanakan indeks rating di sepuluh kota bekerjasama dengan Perguruan tinggi ternama di Indonesia, salah satunya Universitas Sumatera Utara. Dari hasil Survei KPI Pusat dan Universitas Sumatera Utara, muatan lokal di Sumut urutan kedua terendah yang ditonton pemirsa pada semester pertama ini. Masalahnya terdapat pada waktu tayangnya program acara,” ucapnya.

Parulian menjelaskan untuk meningkatkan konten lokal di lembaga penyiaran sesuai UU Penyiaran No 32 tahun 2002 tentang pemuatan konten lokal sebesar 10 persen, KPID Provsu akan melaksanakan KPID Award tahun 2018 dengan memperlombakan beberapa konten program salah satunya muatan lokal.

“KPID Provsu akan melaksanakan KPID award tahun 2018 yang akan digelar pada November 2018. Kegiatan KPID Award yang kelima yang sebelumnya sudah sukses dilaksanakan KPID Provsu sebanyak empat kali. Salah satu kategori yang diperlombakan pada KPID award tahun 2018  adalah tayangan konten lokal,” jelasnya.

Sementara Koordinator Kelembagaan KPID SU H Syahrir  mengatakan, dengan sosialisasi KPID Award seluruh siaran televisi, radio tidak hanya sekedar tontonan tetapi dapat sebagai tuntunan pada masyarakat. Karena itu perlu mengembangkan siaran dengan mengacu kepada UU No 32 tahun 2002 tentang penyiaran dan P3SPS.

KPID award tahun 2018 akan mengangkat tema “Sumut dalam bingkai keberagaman” dengan sub tema meningkatkan kualitas penyiaran Sumut yang beretika, bermartabat, dan kearifan lokal. Untuk KPID award tahun 2018 yang diperlombakan untuk Lembaga Penyiaran Publik (LPP), Lembaga Penyiaran Swasta (LPS), Lembaga Penyiaran Komunitas (LPK) dan Lembaga Penyiaran Berlangganan (LPB) adalah kategori berita, budaya dan hiburan, talkshow, iklan layanan masyarakat, dan lembaga penyiaran yang terbanyak menayangkan program siaran sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *