STAI As Sunnah Deli Serdang Gelar Pelatihan SPSS Bagi Para Dosen dan Pegawai

Arrisalah FM, Medan : Sekolah Tinggi Agama Islam Assunnah Deli Serdang gelar pelatihan SPSS (Statistical Product and Service Solutions) bagi para dosen dan pegawainya. Kamis, (25/10).

SPSS merupakan sebuah program aplikasi yang memiliki kemampuan analisis statistik cukup tinggi serta sistem manajemen data pada lingkungan grafis dengan menggunakan menu-menu deskriptif dan kotak-kotak dialog yang sederhana sehingga mudah untuk dipahami cara pengoperasiannya.

SPSS juga banyak digunakan dalam berbagai riset pemasaran, pengendalian dan perbaikan mutu (quality improvement), serta riset-riset sains. SPSS pertama kali muncul dengan versi PC (bisa dipakai untuk komputer desktop) dengan nama SPSS/PC+ (versi DOS). Tetapi, dengan mulai populernya system operasi windows. SPSS mulai mengeluarkan versi windows (mulai dari versi 6.0 sampai versi terbaru sekarang).

Pada awalnya SPSS dibuat untuk keperluan pengolahan data statistik untuk ilmu-ilmu sosial, sehingga kepanjangan SPSS itu sendiri adalah Statistikal Package for the Social Sciens. Sekarang kemampuan SPSS diperluas untuk melayani berbagai jenis pengguna (user), seperti untuk proses produksi di pabrik, riset ilmu sains dan lainnya. Dengan demikian, sekarang kepanjangan dari SPSS Statistical Product and Service Solutions.

Sehingga SPSS bisa dikatakan sebagai aplikasi yang sangat mendukung dalam pengerjaan penelitian yang dilakukan sivitas akademika terutama sivitas akademik STAI As Sunnah Deli Serdang. Maka dalam kesempatan ini, STAI As Sunnah menyelenggarakan pelatihan pengoperasian SPSS yang disampaikan oleh Dosen Ahli Bidang Penelitian UMSU Dr. Azwar Junaidi, MA. Adapun tujuan diselenggaranya pelatihan tersebut ialah demi mewujudkan dosen dan pegawai yang unggul dan berkompeten sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *