KPID Sumatera Utara Gelar Anugerah KPID Award 2018

Arrisalah FM, Medan : Komisi Penyiaran Informasi Daerah (KPID) Provinsi Sumatera Utara, gelar malam anugerah KPID Award 2018. Jumat,(28/12).

Ketua Komisioner KPID Provinsi Sumut, Parulian Tampubolon mengatakan, malam penganugerahan untuk lembaga penyiaran televisi dan radio terbaik itu, berlangsung di Hotel Polonia Medan. Penyelenggaraan kelima kali ini terus mengalami peningkatan kepesertaan dari tahun sebelumnya. Terbukti, ada 683 judul program tayangan yang ikut diperlombakan.

“Untuk tahun ini sebanyak 683 judul program acara tayangan TV dan radio yang ikut serta. Dari jumlah program acara itu dibagi dalam beberapa kategori,” katanya.

Parulian menyebutkan untuk bidang televisi ada delapan kategori yakni berita, budaya dan hiburan, iklan layanan masyarakat, talkshow, pariwisata, pendidikan anak dan perempuan serta lembaga penyiaran yang sering menyiarkan program siaran sehat. Sedangkan untuk radio ada kategori berita, budaya dan hiburan, iklan layanan masyarakat, talkshow dan lembaga penyiaran yang sering menyiarkan program siaran sehat.

“Dalam masing-masing kategori kita pilih 3 nominasi dan cuplikan tayangannya nanti juga kita tampilkan, namun untuk pemenang tetap kita pilih 1 untuk masing-masing kategori,” katanya yang juga didampingi dua komisioner lainnya, Mutia Atikah dan Ramses Manullang.

Tim juri diketuai Syafruddin Pohan, merupakan mantan komisioner KPID Sumut. “Tim juri mewakili unsur budayawan, akademisi, psikologis, birokrat dan komisioner KPID Sumut yang punya hak konstitusi,”.

Parulian menyebutkan pemberian KPID Award adalah untuk memberikan motivasi dalam berkreasi berinovasi  yang sifatnya mendidik dan memberikan hiburan dalam menyelengarakan siaran. Penilaian kepada peserta selaras dengan visi dan misi serta tujuan  yang terurai dalam UU No32 Tahun 2002 tentang penyiaran, Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) dan standar program siaran (SPS) serta kode etik jurnalistik.

“Kegiatan ini program kerja di ujung 2018 sebagai akumulasi kegiatan yang sesuai dengan tugas pokok dan fungsi KPID Sumut yakni pengawasan terhadap isi siaran TV dan radio sesuai undang-undang. Kita ketahui perkembangan industri media begitu besar dan kami tetap bersama-sama mengawal industri penyiaran agar lebih maju dan berfaedah bagi masyarakat,” pungkas Ketua KPID Sumut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *