Sejarah Arrisalah FM

Latar belakang berdiringya Radio Arrisalah 95,7 FM Medan

Arrisalah merupakan nama yang diambil dari bahasa Arab yang berarti “pesan” yang diharapkan nantinya radio ini dapat menjadi penyampai pesan kebenaran kepada seluruh umat islam di seluruh dunia. Dengan format siaran dakwah, radio Arrisalah 95,7 FM Medan hadir sebagai pejuang dakwah melalui radio.

Sejarah Arrisalah 95,7 FM Medan bermula dari keinginan beberapa orang muhsinin untuk membangun sebuah stasiun radio di Sumatera Utara pada pertengahan tahun 2008. maka pada saat itu, beberapa ikhwan di Yayasan Arrisalah Alkhairiyah Deli Serdang Sumatera Utara menyambut baik keinginan para muhsinin tersebut. Dan dari respon positif dari beberapa ikhwan dari Yayasan Arrisalah Alkhairiyah tersebut, maka dibentuklah penitia kecil untuk merumuskan pembuatan sebuah stasiun radio. Dan Alhamdulillah, pada bulan juni tahun 2008 sebuah stasiun radio yang diberi nama radio Salam FM di frekwensi 107,8 mhz mengudara untuk siaran pertamanya di Kampus Ma’had ‘Aly Assunnah Jl.Glugur Rimbun Desa Sei Glugur Rimbun Kec.Pancur Batu Kab. Deli Serdang Sumatera Utara.

Namun karena beberapa hal, diantaranya adalah pindahnya kampus Ma’had ‘Aly As-Sunnah ke gedung barunya di Tanjung Morawa, maka radio Salam FM juga di pindahkan ke tempat lain, tapi tidak ke Tanjung Morawa, yaitu di Kampong Merdeka Desa Sei Glugur Kec. Pancur Batu Kab.Deli Serdang Sumatera Utara.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan radio Salam FM semakin pesat dan peminatnya juga semakin banyak, sehingga pada tahun 2012 tercetus ide untuk memperluas jangkauan siaran radio Salam FM. Maka beberapa pengurus radio mendatangi KPID SU (Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Sumatera Utara) untuk meminta saran dan masukan tentang rencana yang akan dilakukan. Mereka memberi arahan untuk mendirika stasiun radio di wilayah Kecamatan Perbaungan Kab. Serdang Bedagai Sumatera Utara pada  frekwensi 95.7 FM. Beberapa bulan kemudian berdirilah tower radio salam FM (kemudian berubah namanya menjadi Arrisalah 95,7 FM Medan) karena masalah administrasi. Radio Arrisalah 95,7 FM Medan saat ini sudah mengudara di frekwensi 95.7 FM untuk wilayah perbaungan dan sekitarnya.

Radio Arrisalah 95,7 FM Medan sebagai radio dakwah mempunyai keuggulan dan perbedaan dari radio lain. Perbedaan yang sangat mencolok adalah program siaran yang menitik beratkan pada dakwah islam. Hal ini cukup beralasan, karena penduduk Indonesia pada umumnya beragama Islam, sehingga sangat tepat sekali untuk menghadirkan radio yang menyiarkan program dakwah Islam yang berlandasan pada Alquran Dan Assunnah.

Radio Arrisalah 95,7 FM Medan mampu membuka akses yang lebih mudah bagi masyarakat untuk mendapatkan dakwah islam. Melalui radio Arrisalah 95,7 FM Medan, setiap orang dapat mendengarkan dakwah islam, dimanapun dan dalam kondisi apapun. Radio Arrisalah 95,7 FM Medan telah membuktikan kemudahan yang dapat diperoleh oleh masyarakat dalam mempelajari Islam, tidak saja yang berada di wilayah yang terbatas tapi juga di seluruh dunia melalui streming di www.arrisalahfm.com.