STAI As-Sunnah Deli Serdang Gelar Seminar Ilmu Hadist

Arrisalah FM, Medan : Sekolah Tinggi Agama Islam As-Sunnah Deli Serdang gelar seminar ilmu hadist bagi mahasiswa dan mahasiswinya selama lima hari sejak tanggal 12-16 Januari 2018 di Masjid Kampus al-Imam asy-Syafi’i, Tanjung Morawa. Ahad, (14/1).

Seminar ilmu hadist yang bertujuan untuk menambah khazanah ilmu keislaman mahasiswa dan mahasiswi tersebut diselenggarakan oleh bagian pengembangan minat dan bakat STAI As-Sunnah Deli Serdang dengan pembahasan pengantar ilmu hadist dalam kitab Mandhu’mah al-Bayquniyah dan dijelaskan oleh Syeikh Ali Sulaiman Al-Fayiziy yang merupakan pengajar, imam dan khotib di salah satu masjid Arab Saudi serta memiliki sanad qiro’ah yang tersambung sampai ke Rosulullah .

Kitab Mandhu’mah al-Bayquniyah merupakan naskah kecil/saku atau biasa dikenal dengan matan pengantar ilmu hadis (musthalah hadits) yang berupa rangkaian bait-bait syair atau nazham yang memuat istilah dan hukum dasar seputar pembagian hadits dan macam-macamnya. Kitab tersebut ditulis oleh Thaha bin Muhammad bin Futuh Al-Baiquni, seorang ahli hadits yang wafat sekitar tahun 1080 H (1669/1670 M).

Maka, dalam seminar ilmiah tersebut Syeikh Ali Sulaiman Al-Fayiziy menjelaskan secara detail terhadap ratusan mahasiswa dan mahasisiwi STAI As-Sunnah. Mereka pun antusias dalam menyimak penjelasan dari Syeikh Ali Sulaiman Al-Fayiziy.

Sabran selaku mahasiswa semester 8 dari Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam STAI As-Sunnah mengungkapkan, “Alhamdulillah, sungguh saya bersyukur atas kenikmatan dalam mudahnya menuntut ilmu agama di STAI As-Sunnah, apalagi dalam seminar ilmiah Syeikh Ali Sulaiman Al-Fayiziy sangat semangat sehingga membuat kami pun lebih semangat, saya berharap semoga seminar ilmiah dalam pembahasan ilmu-ilmu hadist ini bisa diadakan berkelanjutan tiap tahunnya.” Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *