Semangatnya Rangking 1 Rumah Quran Aisyah Radhiallahu’anha

Arrisalah FM, Medan : Pengurus Rumah Quran Aisyah Radhiallahu’anha Tanjung Morawa gelar musabaqah Rangking Satu yang diikuti oleh ratusan jamaah, sehingga membuat acara tersebut meriah dan sangat antusias ketika mengikutinya. Ahad,(22/4).

Kegiatan Rangking satu itu dilaksanakan dengan 3 kategori peserta. Pertama kategori peserta lama,  kedua kategori peserta baru dan ketiga kategori remaja. pembagian kategori ini berdasarkan tahun masuk dalam belajar di Rumah Quran Aisyah Radhiallahu’anha.

Ummu Fairus selaku staf pengajar di Rumah Quran tersebut mengatakan, “Adapun yang dikatakan peserta lama yaitu peserta yang masuk sebelum tahun ajaran 2017-2018 sementara yang dikatakan peserta baru adalah peserta yang masuk pada tahun ajaran 2017- 2018 dan kategori remaja adalah remaja putri yang khusus belajar pada hari ahad”.

Sehingga jumlah jamaah yang mengikuti musabaqah tersebut sebanyak 142 orang dari kategori peserta lama berjumlah 83 orang, peserta baru 35 orang, dan remaja 24 orang. Adapun bentuk permainanya adalah setiap kategori ditempatkan ditempat yang berbeda,  dan di setiap kategori akan diadakan 1 orang pembaca soal-soal yang berkaitan dengan siroh nabawi,  bahasa arab,  tauhid,  tahsin,  tahfidz,  fiqih,  tafsir,  dan akhlak. Karena setiap kategori berbeda maka soal yang disusun juga berbeda, Kemudian setiap peserta akan di beri 2 karton yang bertuliskan A dan B, karton  ini digunakan untuk menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh pembaca soal,  yang mana bentuk soal nya pilihan berganda A dan B. Pembaca soal membaca soal sebanyak 2 kali,  dan pembaca soal mempersilahkan peserta untuk menjawab dengan mengangkat  karton A atau B (sesuai Jawaban menurut mereka masing-masing) setelah hitungan ketiga.

Permainan ini juga terdiri dari 3 tahap, diantaranya tahap pertama,  peserta diberi 1 kali kesempatan,  jika peserta menjawab salah (1 kali)  makan akan diber tanda (1. X)  pada NPP (Nomor) peserta,  jika salah untuk kedua kali nya maka peserta diberi tandaa (1.XX) dan ini menunjukkan peserta tersebut keluar dari area permainan. Pada tahap kedua,  jika peserta salah satu kali maka langsung keluar, namun sebagai catatan juga, jika peserta salah Satu kali pada tahap pertama, maka pada saat masuk tahap kedua maka kesalahan pada tahap pertama dihapuskan. Pada tahap ketiga,  peserta salah satu kali, langsung keluar.

Ummu Fairus juga mengungkapkan, “adapun pemenangnya diambil masing-masing 8 orang dari 3 kategori peserta tersebut, dengan total hadiah jutaan rupiah, piagam penghargaan, dan seperangkat aksesoris busana muslimah”.

Tujuan diselenggarakan musabaqah Rangking satu itu sejatinya sebagai wadah untuk murojaah pelajaran-pelajaran yang diikuti oleh para jamaah Rumah Quran Aisyah Radhiallahu anha selama satu tahun terakhir ini. Dengan harapan agar termotivasi juga untuk semangat  belajar dan bersungguh-sungguh dalam mengikuti pelajaran yang diikutinya, serta dapat membangkitkan semangat baru peserta dalam menuntut ilmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *